Tanda dan Ciri Orang Hamil Muda

Apa saja sih tanda dan ciri orang hamil muda? Mengetahui adanya tanda-tanda hamil tentunya merupakan suatu yang sangat membahagiakan. Tak mudah untuk bisa hamil, meski tak sedikit pula terjadi kasus hamil di luar nikah akibat pergaulan yang terlalu bebas.

Ciri Orang Hamil Muda

Nah, berikut ini beberapa tanda ataupun ciri orang hamil muda yang umumnya terjadi, seperti dikutip dari carahamilku.com.

1. Tubuh Sering Mengalami Lelah Dan Mengantuk – Gejala ini merupakan hal yang lumrah terutama akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Begitu juga kerja ginjal, jantung serta paru-paru juga akan makin meningkat yang pada gilirannya akan menyita banyak energy ibu sehingga membuatnya sering mengalami lelah dan mengantuk. Kalau sudah mengantuk sebaiknya ditidurkan meski hanya sebentar.

2. Sering Sakit Kepala – Gejala ini juga lumrah terjadi akibat meningkatnya pasokan darah ke tubuh sehingga menyebabkan sering sakit kepala. Kelelahan, perut mual, ketegangan atau stress, maupun depresi juga kadang mengiringi akibat perubahan hormon tubuh akibat hadirnya makhluk baru dalam rahim. Hindari penggunaan obat kimia untuk menghilangkan sakit kepala karena berbahaya untuk janin.

3. Sering Buang Air Kecil – Gjala ini juga merupakan ciri orang hamil muda yang sering terlihat akibat desakan janin pada kandung kemih. Apalagi hormone maupun sirkulasi darah juga turut meningkat. Karena itulah wanita hamil sebaiknya tidak jauh dengan kamar mandi.

4. Terjadinya Sembelit – Gejala ini merupakan efek yang berguna agar penyerapan nutrisi untuk janin berlangsung dengan lancar. Meningkatnya hormon progesterone akan mengendurkan otot rahim maupun otot dinding usus sehingga menimbulkan sembelit.

5. Payudara Terasa Tidak Nyaman – Gejala ini ditandai dengan payudara yang lunak, lebih sensitif, terasa gatal dan terasa nyeri jika disentuh, serta berdenyut seperti kesemutan. Tanda ini juga merupakan ciri orang hamil muda yang lumrah dan kerap terjadi akibat meningkatnya hormone estrogen maupun progesterone dalam tubuh.